Halaman : 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37


LEMBAGA DAKWAH MAHASISWA IAIN MATARAM MENGADAKAN FESTIFAL ANAK SHOLEH By : admin
   

Rektor IAIN Mataram diwakili Dr.Suhirman,MSi selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dalam sambutannya saat membuka acara Festifal Anak Sholeh yang dilaksanakan oleh Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) IAIN Mataram menjelaskan bahwa sangat mendukung dan memberikan aspirasi yang sangat besar terhadap kegiatan ini, dan juga harapannya bahwa kegiatan ini tidak hanya cukup sampai disini akan tetapi dapat dilanjutkan dan dilaksanakan untuk masa-masa yang akan datang dalam rangka program pengkaderan bagi putra-putri bangsa.
Iman Syafe'I selaku Ro'is Amm LDMI - IAIN Mataram menjelaskan bahwa da'wah adalah menyeru umat manusia menuju jalan kebaikan, memerintahkan yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar dalam rangka memperoleh kebahagiaan dunia maupun akhirat. Hal ini jelas firaman Allah SWT dalam al-Qura'an yang artinya sbb: "Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru pada kebaikan, menyuruh pada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung". (QS.Al-Imran ayat 104 ). Serangkaian dengan itu pula hadis Rasulullah SAW. menyebutkan bahwa " Sampaikan walau satu ayat " dari dua redaksi dalil diatas Al- Quran dan Hadis tersebut mengandung hikmah bahwa kita dituntut selaku umat muslim untuk senantiasa berdakwah (menyeru) kepada kebaikan walaupun kita hanya bisa satu ayat pun.
Generasi muda muslim saat ini lanjutnya sungguh sangat merosot, miskin akan pemahaman khazanah keislaman katanya. Hal demikian yang melatarbelakangi untuk melakukan kegiatan ini menurutnya. Kegaiatan ini adalah Pemilihan para Da'i Cilik (PILDACIL) Se-Pulau Lombok. Guna memupuk serta menemukan bibit-bibit unggul generasi muda cilik sebagai ujung tombak syiar islam khususnya di kawasan Lombok katanya.
Drs.Ma'ruf,SH.MAg. selaku Pembina LDMI-IAIN Mataram mengatakan bahwa LDMI adalah merupakan bagian integral atau wadah generasi muda yang akan mewarisi nilai-nilai perjuangan Nabi Muhammad SAW dan memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan dan mewujudkan cita-cita perjuangan tersebut. LDMI merupakan figur yang harus berusaha menjadi tauladan sekaligus sebagai mahasiswa yang memiliki fungsi ganda dalam menyebarkan amar ma'ruf nahi munkar. Selain itu berfungsi pula sebagai cadangan nasional dalam pertahanan negara, memiliki semangat kebangsaan, kepribadian yang penuh disiplin serta mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Fungsinya sebagai mahasiswa yang menyandang gelar intelektual muda menurutnya dituntut memiliki inisiatif dan kreatifitas serta daya nalar yang tinggi agar mampu menjawab tantangan permasalahan yang dihadapi dalam menyebarkan dakwah baik yang di masa kini maupun masa datang demikian mengakhiri.
Hasan Basri selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini bernama "Festifal Anak Shaleh" dengan jenis kegiatan pemilihan Da'i Cilik (Pildacil) se- Pulau Lombok, sedangkan tema kegiatan ini menurutnya adalah " Melalui Kompetisi Sebagai Wahana Memotivasi Peserta Didik dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Dakwah Sejak Dini ". Dengan tujuan mengakomodir para generasi muda dalam kegiatan yang bernuansa islami, menjalin silaturrahmi antar generasi muda se-Pulau Lombok, menyalurkan bakat seni berpidato/debat bagi generasi muda, dan membina Da'i Cilik sejak dini yang berpotensial terhadap syiar Islam.
Ditanya mengenai peserta lomba Basri menjelaskan bahwa Pemilihan Da'i Cilik ini melibatkan utusan dari TPA/TPQ dan pelajar SD/MI se- Pulau Lombok dengan jumlah yang terdaftar 100 orang. Kegiatan ini lanjutnya dilaksanakan selama 4 hari, yaitu dari tanggal 22 s/d 25 April 2013, bertempat di Kampus I IAIN Mataram jalan pendidikan no. 35 Mataram.

 
RAPAT KERJA IAIN MATARAM By : admin
   

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya IAIN Mataram kembali mengadakan Rapat Kerja Pimpinan. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Legi Mataram selama tiga hari dari tanggal 10 - 13 Mei 2013 ini, merupakan agenda tahunan bagi IAIN Mataram.
Melalui momen Raker pimpinan ini, diharapkan menghasilkan program-program/kegiatan terarah, terpadu, dan terprioritas, baik dalam rangka meningkatkan mutu akademik maupun pengembangan kelembagaan secara berkesinambungan, demikian diutarakan Sanusi S.Sos.MM sebagai ketua panitia Raker dan juga selaku Kabag Perencanaan dan Keuangan IAIN Mataram pada acara pembukaan Raker baru lalu.
Untuk lebih aspiratifnya program yang dihasilkan lanjut Sanusi, peserta rapat kerja pimpinan ini diikuti oleh seluruh unsur pimpinan baik tingkat Institut, maupun tingakat fakultas seperti Rektor, Wakil Rektor I, II dan III, Kepala Biro AUAK, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Sekertaris Senat IAIN Mataram, para Ketua Jurusan, para Pejabat Ecelon III dan IV tingkat Rektorat dan Fakultas, Bendahara Rektorat, Bendahara Pembantu Pengeluaran dan Pengelola Perencanaan/Keuangan, Ketua Lembaga/Kepala Pusat/Kepala UPT, & Ketua Unit pelaksana Penunjang di lingkungan IAIN Mataram.
Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Pemerintah No. 21 tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, DIPA IAIN Mataram TA 2013, No: DIPA.025.04.2.307843/2013 tanggal 05 Desember 2012, Surat Keputusan Rektor IAIN Mataram Nomor In.12/HK.00.5/SK/914/2013 tanggal 4 Mei 2013, tentang Pengangkatan Panitia Rapat Kerja Pimpinan IAIN Mataram Tahun 2013.
Sedangkan tujuan dari pada kegiatan Raker ini adalah terjalinnya koordinasi, komunikasi dan diskusi yang intensif antara unsur Rektorat, fakultas, lembaga, dan unit-unit pendukung di lingkungan IAIN Mataram dalam rangka sinergitas kegiatan dan menghindari duplikasi program dan pembiayaan.
Kegiatan yang bertemakan Revitalisasi Kinerja IAIN Mataram Menuju UIN Tahun 2015 ini, lanjut Sanusi mendatangkan Narasumber dari berbagai pihak seperti Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, MA. Mantan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan Materi "Revitalisasi Kinerja IAIN Mataram Menuju UIN Tahun 2015", Kepala Kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan Propinsi NTB dengan Materi "Perencanaan Strategis dan Arah Prioritas Penganggaran Badan Layanan Umum (BLU) Berbasis Kinerja", dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mataram dengan Materi "Penilaian Kinerja dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU)"
Rektor IAIN Mataram Dr.H.Nashuddin,M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut menyambut baik pelaksanaan Rapat Kerja Pimpinan IAIN Mataram dalam rangka konsolidasi pelaksanaan program tahun 2013 dan menyusun program prioritas tahun 2014.
Menyinggung program kerja anggaran tahun 2012 yang baru lalu Rektor menjelaskan bahwa ada beberapa kegiatan yang menurutnya telah dilaksanakan untuk memperkokoh pondasi menuju UIN Mataram antara lain adalah; pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran mahasiswa, kelengkapan kapasitas ruang perkuliahan dan perpustakaan, sarana laboratorium dan praktikum bagi jurusan MIPA dan Non MIPA, serta penyelesaian pembangunan gedung Ma'had al-Jamiah dan Auditorium IAIN Mataram.
Untuk anggaran tahun 2013 ini menurutnya diarahkan pada bidang sarana dan prasarana gedung dan fasilitas ruang belajar seperti penyelesaian pembangunan gedung Pascasarjana, kelengkapan fasilitas ruang belajar dan pemeliharaan gedung baik di kampus I maupun kampus II, program lanjutan seperti penguatan SDM yaitu program Sertifikasi Guru, Dual mode system, Bidik Misi PTAI dan program lain yang ada sebelumnya serta program tambahan yaitu menjadi tuan rumah pelaksanaan AICIS (Annual International Conference of Islamic Studies). Dan untuk tahun ini juga IAIN Mataram menerima BOPTAIN yang arah penggunaannya sesuai dengan peraturan Mendikbud Nomor: 58 tahun 2013.
Mengakhiri sambutannya Rektor berharap dari hasil rapat kerja kali ini, dapat bernilai penting untuk menentukan arah IAIN Mataram menuju yang lebih maju dan peningkatan kinerja secara berkesinambungan untuk menyongsong cita-cita bersama menuju Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang di idam-idamkan. Dalam penyusunan rencana kerja tersebut, diperioritaskan pada peningkatan kualitas kinerja layanan, baik dibidang akademik maupun manajemen.
Seiring dengan tantangan dan beban tugas yang semakin meningkat, kita terus berkomitmen untuk bekerja dengan penuh dedikasi, amanah, profesional berintegrasi dan memiliki semangat keikhlasan dalam menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab masing-masing, sehingga terwujud IAIN Mataram yang BARU (Berdedikasi, Akuntabel, Religius dan Unggul). Demikian Rektor mengakhiri.
Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, MA. Dalam pemaparannya menjelaskan bahwa dalam rangka menuju cita-cita yang diinginkan maka kita harus memiliki keunggulan antara lain adalah kita harus memiliki semangat juang yang tinggin, hudup rukun dalam suasana gembira, harmonis dalam kebersamaan, adil, selalu memikirkan orang lain dan bisa menjalankan ritual keagamaan, amal sholeh dan bisa dipercaya.

 
MNC Group Jakarta Goes To Campus (Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram) By : admin
   

Satu lagi kegiatan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram yang dianggap cukup prestesius adalah Broadcasting Academy yang menghadirkan Arief Suditomo (MNC Group Jakarta) merupakan salah satu stasiun TV Nasional yakni MNC Group Sindo TV Mataram.
Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, yakni hari selasa, 30 Mei 2013 di Auditorium IAIN Mataram dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit presenter yang memiliki talenta, dan minat yang kuat untuk menjadi broadcaster profesional. Di samping itu, menjembatani minat masyarakat muda (mahasiswa) terhadap keberadaan dunia broadcast yang semakin banyaknya program-program study broadcast di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik swasta maupun perguruan tinggi negeri. Dan memberikan sentuhan langsung dengan calon-calon broadcaster muda serta berbagi informasi, pengalaman tentang bagaimana dunia broadcast yang sebenarnya dengan menghadirkan nara sumber yang memang sudah berpengalaman dalam dunia broadcast. Sebagai perekat dalam rangka menjalin kemitraan antara Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram dengan lembaga-lembaga media cetak dan elektronik.
Ketua Panitia Dr. Fahrurrozi,MA., dan juga selaku wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram mengatakan, kegiatan (Broadcast Academy) mahasiswa IAIN menjadi urgen untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan agar tercipta mahasiswa yang kreatif, kontributif dan peka terhadap fenomena informasi dan komunikasi.
Dr.H.Subhan Abdullah, Lc,MA., selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram dalam kegiatan ini memberikan ucapan selamat dan kebanggaan tersendiri atas terselenggaranya kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan kegiatan langka, bermanfaat dan sekaligus mempererat silaturrahmi, membangun partnership, dan mendekatkan dunia kampus dengan media audio visual khsususnya dalam bidang broadcasting. Dalam kegiatan ini para peserta akan mendapat pelatihan dan pembelajaran tentang dunia broadcast, bagaimana merancang sebuah program tayangan televisi, teknis penggarapan program sampai bagaimana mengemas program, teknis peliputan sampai bagaimana menjadi seorang presenter atau seorang reporter.
Arief Suditomo (MNC Group) memaparkan bahwa pasar media ke depan sangat menjanjikan sekalipun saya jujur mengatakan bahwa untuk mencapai hal tersebut membutuhkan kesungguhan, ketekunan, ketelatenan karena banyaknya rintangan yang harus dilalui. Di sisi lain, Areif berpandangan bahwa TV Nasional masih belum mampu menjangkau seluruh potensi-potensi yang ada di masing-masing daerah sebagai akibat dengan pesatnya dan padatnya informasi yang disajikan kepada masyarakat. Untuk itu, menurut nya, perlu ada TV Lokal yang dapat mengangkat dan menjangkau geliat politik, kepentingan bisnis, koruptor, kriminal dan sekaligus inspiritor bagi pembangunan daerah khususnya di wilayah NTB. Dalam kerangka inilah diperlukan anak-anak muda yang memiliki talenta dalam bidang broadcasting yang dapat melakukan itu. Katanya, jangan khawatir, pekerjaan ini sangat menjanjikan, harus kerja keras, dan sungguh-sungguh serta rupiahnya sangat besar demikian tutupnya.
Dalam kesempatan yang sama Rektor IAIN Mataram yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. H.M. Taufik, M.Ag. dalam sambutannya memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, konsep-konsep intertaiment saat ini sangat memerlukan edutaiment yang tidak hanya sekedar menjadi tontonan, menghibur namun bagaimana intertaiment menjadi tuntunan dan sekaligus bisa menghibur demikian katanya Untuk itu diperlukan upaya-upaya kreatif, mampu mendidik, dan mampu mentrasformasikan nilai-nilai perilaku yang beradab kepada masyarakat.
Dalam sesi terakhir, diisi dengan audisi presenter dan penyiar yang diikuti 500 peserta dari mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, IKIP Mataram, Univ. Muhammadiyah dan utusan Pondok Pesaantren se Lombok.
Dalam sesi terakhir ini, bertujuan untuk mencari bibit-bibit presenter dan penyiar yang dapat dipromosikan minimal menjadi penyiar di Sindo TV Mataram. Kegiatan ini dipandu langsung oleh dua presenter dari MNC Group Jakarta yakni Ibu Ade Riani Bapak Edy Budiansyah.