Halaman : 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36


WORKSHOP PKG ANGKTAN KE DUA DIBUKA By : admin
   

MATARAM; Dua hari yang lalu ditutup secara resmi olah Direktur Pascasarjana (PPs) IAIN Mataram Drs.Jamaluddin,MA Workshop Peningkatan Kompetensi Guru (PKG) PAI Sekolah Dasar, maka pada hari ini Rabu, 09 Januari 2013 Rektor IAIN Mataram Dr.Nashuddin M.Pd membuka kembali Workshop PKG-PAI angkatan kedua khusus bagi para guru PAI di SMP, SMA dan SMK. Yang hadir dalam acara tersebut Rektor IAIN Mataram, Kakanwil Kemenag Prov NTB, para Narasumber, dan para Pejabat di lingkungan IAIN Mataram.

Dr.Musari M.Pd selaku ketua panitia menjelaskan dalam laporannya bahwa Workshop PKG angkata kedua ini beda dengan angkatan pertama. Angkatan kedua ini pesertanya adalah para guru Agama Islam ditingkat pertama dan atas pada sekolah umum, sedangkan untuk angkatan pertama adalah para guru PAI di sekolah Dasar.

Peserta Workshop PKG angkatan kedua ini lanjut Musari berjumlah 120 yang terdiri dari 70 orang berasal dari Kota Mataram dan 50 orang dari Kabupaten Lombok Barat. Adapun rinciannya adalah dari 70 orang guru PAI di Kota Mataram tersebut, 40 guru PAI - SMP dan 30 orang guru PAI-SMS/SMK, sedangkan 50 orang dari Kabupaten Lombok Barat adalah 40 guru PAI - SMP dan 10 SMA/SMK. 

Lebih lanjut Musari menjelaskan bahwa Workshop PKG angkatan pertama dan kedua ini sedikit ada perbedaan pada kwalitas materinya, bagi angkatan ini materinya lebih menantang ditinjau dari kebutuhan dan tanggung jawab masing-masing tingkatan sekolah, namun pada prinsipnya sama saja  demikian tutupnya.

Dr.Jamaluddin,MA selaku Direktur Pascasarjana (PPs) IAIN Mataram juga sebagai Penanggung Jawab pelaksanaan Workshop ini menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah suatu kepercayaan yang diberikan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementeriaan Agama RI kerjasama dengan Program Pascasarjana IAIN Mataram berdasarkan SK Dirjen Pendis Kementerian Agama RI Nomor DT.I.II/2/HM.02/1537/2012. tentang Kelengkapan Administrasi PKG Guru PAI SD, SMP, SMA, dan DT.I.II./2/1650/2012 tentang Penetapan Peserta PKG Guru PAI. Oleh karena itu lanjut Jamaluddin, untuk menyikapi kepercayaan tersebut maka dalam pelaksaannya nanti khususnya bagi para Narasumber adalah para Doktor dan Profesor yang kompeten di bidangnya. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kedepan yang diharapkan bukan hanya Workshop PKG yang akan dilaksanakan oleh Program PPs IAIN Mataram namun akan membuka program khusus bagi para guru PAI yaitu Program bantuan Beasiswa Strata dua (S2) Program Pascasarjana IAIN Mataram dari Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI. Olah karena itu saat ini Program PPs IAIN Mataram sedang membenahi diri untuk membangun kepercayaan pemerintah dan masyarakat.

akan Kemenag Propinsi NTB yang diwakli Kabag TU Drs.H.Sirajuddin dalam sambutannya menjelaskan bahwa pihaknya sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini, sembari berharap kepada para Narasumber untuk betul-betul membimbing dan membina para guru PAI di sekolah umum ini karena apak da ibu guru Agama disekolah umum beda dengan guru Agama di Madrasah, sebab para guru di madrasah adalah memang meerupakan disiplin ilmunya khusus pendidikan Agama. Kepada para guru peserta Workshop PKG, Sirajuddin berharap untuk melaksanakan kegiatan ini dengan ikhlas, penuh rasa tanggung jawab dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi masa depan generasi kita.

Dalam sambutannya, DR. H. Nashuddin, M.Pd selaku Rektor IAIN Mataram mengatakan bahwa terlaksananya kegiatan penting ini berkat kerja keras seluruh komponen panitia dan civitas akademika Pascasarjana IAIN Mataram. Kegiatan ini menurut Rektor adalah merupakan tindak lanjut  dari kegitan PLPG yang telah dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram, bahkan persyaratan untuk mengikuti kegiatan inpun para guru harus lulus dan memiliki Sertifikat PLPG. Sebenarnya dengan PLPG  para guru sudah profesional namun belum memadai oleh karena itu untuk lebih meningkatnya kwalitas para guru Agama maka perlu diadakan PKG. Kepada para guru beliau mengajak untuk bersyukur atas terpilihnya sebagai peserta Workshop karena peningkatan kompetensi guru adalah merupakan kewajiban para guru untuk peningkatan diri secara pribadi untuk menghadapi tantangan dan persoalan yang dihadapi di depan kelas khususnya dan di masyarakat pada umumnya. 

 

 
IAIN MATARAM MENGADAKAN LOMBA PEMILIHAN DUTA PBB By : admin
   

Bahasa dan budaya adalah dua kata yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat dalam semua aspek kehidupan manusia. Bahasa berfungsi untuk membahasakan budaya dan budaya hanya dapat maju dan berkembang dengan bahasa yang komunikatif, edukatif dan beretika. Seiring dengan tantangan globalisasi, bahasa Inggris menempati urutan teratas dibandingkan dengan bahasa dunia lainnya. Bahasa Inggris telah dinobatkan menjadi bahasa komunikasi utama dunia, kemudian diikuti bahasa Arab. Kedua bahasa tersebut telah menjadi bahasa pengantar perkuliahan di kampus-kampus berskala nasional dan internasional, menjadi bahasa literatur-literatur ilmu pengetahuan, menjadi bahasa komunikasi bagi kalangan pebisnis nasional dan internasional. Di samping perkembangan, kemajuan dan implikasi positif yang ditimbulkan oleh kedua bahasa tersebut, juga ada implikasi negatif yang harus difilter. Dalam hal ini, filter yang paling tepat adalah al-Qur'an, yaitu dengan memperluas dan memperkuat wawasan pengetahuan ke-Qur'an-an. Atas dasar inilah kami dari PBB (Pusat Bahasa dan Budaya) IAIN Mataram ingin berikhtiar untuk membudayakan bahasa, utamanya bahasa Inggris dan bahasa Arab, serta berikhtiar untuk membahasakan budaya yang sesuai dengan tuntunan Islam/ al-Qur'an. Demikian ungkapan Drs.H.Subki,M.Pd selaku kepala Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Mataram kemarin di kampus 2 .

Kegiatan yang bertemakan "MEMBUDAYAKAN BAHASA & MEMBAHASAKAN BUDAYA "  ini  lanjut Subki dilaksanakan oleh Unit Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Mataram dan dilaksanakan di dua tempat yaitu Babak Penyisihan di Kampus I IAIN Mataram Jl. Pendidikan-Mataram dan untuk Babak Final dilaksanakan di Kampus II  Jl.Gajah Mada - Jempong -Mataram

Drs.L.Maksum Ahmad M.Pd selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan Sebagai wahana untuk mengakomodir mahasiswa-mahasiswi yang kompeten dan memiliki skills dalam berbahasa asing;  Arab dan Inggris yang baik dan benar serta memiliki kreatifitas seni Islam, sebagai ajang promosi kemampuan mahasiswa-mahasiswi IAIN Mataram dalam berbahasa dan berkreatifitas seni Islam, untuk memberikan motivasi kepada seluruh civitas akademiki IAIN Mataram dalam berbahasa asing dan berbudaya islami. Sedangkan sasaran kegiatan ini lanjutnya adalah ditujukan kepada para mahasiswa/wi yang sedang duduk di semster I sd VII  tahun akademik 2012/2013, yang memperoleh IPK 3.00 yang dibuktikan dengan menunjukkan Kartu Hasil Studi (KHS) yang telah diperoleh selama kuliah.

Lomba ini lanjut Maksum telah memperebutkan juara I sd Juara VI (enam) dan masing-masing kontestan akan diuji tiga komponen kemampuan dan keahlian yaitu pertama kemampuan berpidato/berorasi dengan bahasa Arab dan Inggris secara langsung (tanpa konsep) dengan tema yang disediakan oleh panitia, kedua keahlian dalam salah satu bidang seni islami seperti kaligrafi Islam, nasyid, nembang islami dan lain-lain, dan yang ketiga adalah wawasan dalam bidang Qur'an, seperti tilawah, tartil mujawwad, dan fahm al-Qur'an dan lain-lain. Penentuan para Juara lanjutnya tidak ditentukan pada kategori mahasiswa atau mahasiswi ataupun fakultas dan jurusan, tapi kedua lomba ini berdasarakan pada penampilan yang terbaik dari masing-masing peserta lomba, hal ini dimaksudkan agar persaingan kontestant menjadi lebih dinamis dan menarik. Ditanya mengenai penghargaan yang diberikan kepada para juara Maksum menjelaskan bahwa kegiatan ini memperebutkan Piala Bergilir  Rektor IAIN Mataram, yaitu untuk Juara I diraik oleh Hasan al-Ghifari Mahasiswa Fakultas Syari'ah dan langsung dinobatkan menjadi DUTA PUSAT BAHASA DAN BUDAYA IAIN MATARAM TAHUN 2012/2013. disamping piala bergilir dari Rektor IAIN Mataram juga sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp.1.500.000,  untk Juara II diraih oleh Asyrof Muzoffar juga dari Fakultas Syari'ah dengan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang tunai sebesar Rp. 1.000.000, Juara III diraih oleh Usman dari Fakultas Tarbiyah dengan hadiah Piala, Setifikat, dan uang tunai sebesar Rp. 800.000,- Juara IV diraih oleh Arman Susanto dari Fakultas Tarbiyah dengan hadiah berupa Piala, sertifikat dan uang tunai Rp. 600.000, Juara V Syamsul Hakim dari Fakultas Tarbiyah, hadiah piala, sertifikat, uang tunai sebesar Rp. 400.000, dan juara VI, Fitria Isnaini untusan dari Fakultas Tarbiyah, dengan hadiah piala, sertifikat dan uang tunai sebesar Rp. 250.000,-. Dan seluruh peserta yang tidak masuk nominasi juara, akan mendapatkan Sertifikat. Perlu diinformasikan bahwa ini adalah lomba spektakuler yang baru pertama dilaksanakan oleh IAIN Mataram karena lomba ini mewajibkan seorang kontestan harus menguasai 4 kemapuan dan keahlian yaitu; berbahasa Arab-Inggris, salah satu seni budaya Islam dan wawasan Al-Qur'an. Demikian komentar dari L.Maksum. 

 

 
WORKSHOP BLUE PRINT MANAJEMEN By : admin
   

IAIN Mataram menggelar workshop penyusunan blue print manajemen pendidikan tinggi agama Islam, sebagai rangkaian proyek pengembangan 4 in 1 IAIN, yaitu meliputi IAIN Mataram NTB, IAIN Walisongo Jawa tengah, IAIN Raden Fatah Palembang dan IAIN Medan Sumatera Utara. Kegiatan ini dibuka (18/12) oleh Pembantu Rektor I IAIN Mataram, Prof. Dr. HM.Taufik, MA  mewakili  Rektor IAIN Mataram. 

Kegiatan  workshop manajmen ini sangat penting dalam rangka menyusun tata kelola PT yang baik. Kegiatan manajemen modern dimulai dari plaining yang baik, bagaimana merumuskan visi misi, sasaran  dan target yang akan dicapai dalam waktu tertentu, demikian dikatakan Drs. H. Mizan Asyari, MA, Kasi pengendali mutu, Dirjen Pendidikan Tinggi Agama Islam, Kementerian Agama RI.

Dalam penjelasannya, Ketua Panitia Drs. H. Lukman Hakim, M. Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari, yaitu tanggal 18-21 Desember 2012 bertempat di Hotel The Sentosa Senggigi Lombok, diikuti oleh 70 orang peserta yang merupakan perwakilan 4 IAIN yang tergabung dalam 4 in 1, yaitu IAIN Mataram, IAIN Walisongo, IAIN Raden Fatah Palembang dan IAIN Medan. Keempat IAIN tersebut akan  mendapatkan dukungan dana dari Islamic Development Bank (IsDB) untuk kegiatan civil works, furniture and equipment.

Lebih lanjut tegas Lukman,  output dari workshop ini adalah tersedianya blue print manajemen pengembangan pendidikan tinggi bagi 4 IAIN. Untuk memberikan masukan dalam penyusunan draf blue print yang akan disusun oleh tim pokja manajemen, dihadirkan beberapa narasumber yang kompeten diantaranya Dr. Silvy Dewayani (UGM Yogyakarta), Dr. H. Makhlani  (IsDB) dan Drs. Jarot Wahyudi, SH., MA. (UIN Yogyakarta).