Halaman : 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37


PORSENI MAHASISWA IAIN MATARAM TAHUN 2012 PBA MEMPERTAHANKAN JUARA By : admin
   

Momen hari Pahlawan 10 Nopember 2012 benar-benar direalisasikan oleh seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Semangat heroik dibuktikan dengan kegigihan dalam memenangkan setiap mata lomba dan pertandingan yang dimainkan pada PORSENI 2012 IAIN Mataram. Jurusan yang mengedepankan motto ji'na wa-laibna wa fuzna ini (kami datang, kami bertanding lalu kami menjadi sang juara) bak Bung Tomo yang selalu memekikkan Allahu Akbar di setiap perlombaan dan pertandingan, demikian ungkap Ayip Rosidi (Ketua jurusan Pendidikan Bahasa Arab). Lebih lanjut Ayib mengatakan kemenangan kontingen PBA di setiap cabang tidak terlepas dari keinginan kuat dan semangat juang untuk mempertahankan gelar juara umum yang ditorehkan pada PORSENI Oktober 2011 tahun lalu. Kemenangan ini juga sekaligus sebagai kado tahun baru Islam 1 Muharram 1434 Hijriyah. Momen tahun bari Islam diharapkan sebagai satu pertanda kebangkitan mahasiswa-mahasiswa muslim wabilkhususi PBA untuk menyongsong hari esok yang lebih bersinar. Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa yang memiliki fungsi pemersatu ummat di seluruh pelosok dunia, dikarenakan sejak tahun 1973 ditetapkan sebagai bahasa resmi al'umam al-muttahidah (PBB). Di samping itu bahasa Arab juga memiliki posisi-posisi strategis baik sebagi alat pemelihara khazanah budaya, sebagai alat komunikasi, sebagai alat transformasi social, perekonomian dan peradaban, sudah tentu makin memiliki peminat dari masa ke waktu ungkap Ayib.

                Seiring perjalanan waktu geliat jurusan Pendidikan Bahasa Arab terus berpacu dengan masa dan kebutuhan zaman, sehingga tidak mengherankan menurut Ayib di usia 19 tahun PBA telah menjelma menjadi jurusan yang sarat prestasi serta kaya potensi. Gapaian prestasi  tidak sebatas akademik namun, juga prestasi non-akademis.  Prestise pun tidak luput dari cengkeraman jurusan PBA.  dengan perkembangan waktu minat dari masyarakat jurusan PBA kini sudah mendedikasikan diri sebagai salah satu jurusan kaya peminat.  Prestasi  emas telah direngkuh salah seorang mahasiswa PBA atas  nama Mutawalli berupa kesempatan belajar di Amerika Serikat selama 8 bulan setelah melewati seleksai ketat. Pada 8-10 Nopember tahun 2012 menjuarai pencak silat putri Provinsi NTB. Jurusan PBA diwakili (Wiwik Kurniati mahasiswi semester V/B PBA). Level Perguruan Tinggi  Juara umum PORSENI antar mahasiswa se-IAIN Mataram 2012 dengan dua mata lomba dan empat pertandingan . Juara I karaoke lagu-lagu Islami. PBA diwakili (Nurwahidah mahasiswi SMT I/A),  Juara III membaca puisi. PBA diwakili (Rangga Iskandar Zulkarnaen SMT V/C),  Juara I bulutangkis ganda. PBA diwakili ( Papang Ade Ranto dan Wigi Hidayat),  Juara II volley ball. PBA diwakili (Duo Fauzan dkk), Juara II tenis meja ganda. PBA  diwakili (Fauzan Azis dan Supardin) dan √. Juara IV Futsal. PBA diwakili (Duo Rahman dkk). Untuk PORSENI 2012 ini berdasarkan ketentuan panitia semua cabang perlobaan dan pertandingan hanya memainkan ganda tanpa tunggal. 

 

 
Mengenal Pasca Sarjana IAIN Mataram By : admin
   


Program pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Mataram menyelenggarakan Program Magister (S2) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Program Magister (S2) Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah), berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/279/2010 tanggal 25 Mei 2010. Pada tanggal 21 Juni 2010 peresmian pembukaan Program Pascasarjana IAIN Mataram dilakukan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH. M. Zainul Majdi, MA.

 

1. V I S I

“visi Program Pascasarjana IAIN Mataram adalah terwujudnya Pascasarjana yang terkemuka di Indonesia yang mampu mengembangkan dan mengintegrasikan aspek keislaman, keilmuan, kemanusiaan dan keindonesiaan.

 

2. M I S I 

Misi program Program Pascasarjana  adalah:

1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan Pascarasarjana yang Islami dan berkualitas.

2. Mewujudkan insan akademik yang cerdas dan melaksanakan penelitian ilmiah yang mengintegralkan dimensi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

3. Mempersiapkan lulusan berkualitas yang memiliki etos kerja dan etos pengabdian yang tinggi dalam memberdayakan segenap potensi masyarakat.

 

3. TUJUAN

Tujuan Program Pascasarjana IAIN Mataram:

1.  Menghasilkan para magister Muslim yang memiliki integritas keislaman, kelilmuan, kemanusiaan serta profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan hukum Islam, sehingga mampu berperan sebagai pengembang ilmu pendidikan Islam dan praktisi pada institusi-institusi kependidikan.

2.   Menghasilkan insan akademik yang cerdas dan melaksanakan penelitian ilmiah yang mengintegralkan dimensi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

3.  Menghasilkan lulusan yang memiliki etos kerja, pengabdian yang tinggi serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dan pengembangan dalam bidang pendidikan agama Islam dan hukum Islam.   

 

4. PERSONALIA

Pimpinan dan tata Usaha

1.                  Pimpinan

Rektor                         : Dr. H. Nashudin, M. Pd.

Direktur                       : Dr. Jamaluddin, MA.

Wakil Direktur              : Dr. Baharudin, MA

Ketua Prodi PAI            : Dr. H. Musari, M. Pd

Ketua Prodi AS             : Drs. HM. Fachrir Rahman, MA

 

2.                  Tata Usaha

Kepala TU                   : Drs. Muhsinin, MA.

Kasubag                      : Agus Hasyim, MH

Bendahara                   : Suhaemah, SE.

  Eva Yuniarti, S. Pd

Adm Umum                : Ahmad Nurjihadi, M.HI.

                                                         : Hamdi Chalidianto, A.Ma

                                                         : Ita Puspita Rezki Purnamasari, S.Pd.I

                                                         : Sapoan

                                                         : Ahmad Salikin

                                                         : Marlia Siftiana

5. PROGRAM STUDI DAN GELAR AKADEMIK.

A.  Program Studi.

Program Pascasarjana IAIN Mataram memiliki 2 (dua) Program Studi, yaitu: program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan program studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah).

 

B. Gelar Akademik

Pascasarjana memberikan gelar akademik Magister Pendidikan Agama Islam (M.Pd.I) bagi lulusan Program PPs Studi Pendidikan Agama Islam dan memberikan gelar akademik Magister Hukum Islam (M.HI) bagi lulusan Program PPs Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah).

 

 

6. DOSEN

Keseluruhan Dosen Tetap Pascasarjana IAIN Mataram terdiri dari 31 orang dosen, dengan rincian 3 orang Guru Besar, dan 28 orang Doktor. Setiap tahun Pascasarjana IAIN Mataram selalu mengundang guru besar sebagai dosen tamu, dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia, seperti UIN Jakarta seperti  Prof. Dr. Azyumardi Azra, Dr. Sihabuddin, MA (Hadits, Al Azhar Mesir), UGM (Prof Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra (Antropolog), UI, (Dr. Ita Syamsiyah) UIN Yogyakarta (Prof. Amin Abdullah), UIN Malang (Prof.Dr. Muhaimin), IAIN Surabaya, Prof. Dr. Nursyam (Dirjen Pendis Kemenag), Prof. Dr. Mubarak (UIN Jakarta/Ketua I Partai Demokrat).  Sebagai berikut;

 

1.    Prof. Dr. Abuddin Nata, MA

2.    Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd

3.    Prof. Dr. H. A. Thib Raya, MA

4.    Prof. Dr. H. Abd. Salam Arief, MA

5.    Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA

6.    Prof. Dr. H. Akhmad Minhaji, MA

7.    Prof. Dr. H. Muhaimin, MA

8.    Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si

9.    Prof. Dr. HM. Ridlwan Nasir, MA

10.  Prof. Dr. Imam Bawani, MA

11.  Prof. Dr. Khoiruddin Nasution, MA

12.  Prof. Dr. Mahsun, MA

13.  Prof. Dr. Suwito, MA

14.  Prof. Dr.Hj. Sri Banun, M.Pd.

15.  Prof. Drs. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D

16.  Dr. Ahmad Rifa'i, MA

17.  Dr. Aos Santoso, M. Pd

18.  Dr. Aziz Bages, MA

19.  Drs. Kamaluddin, MA, Ph.D

20.  Dr. Nasaruddin, M. Ed

21.  Dr. Phil. H. Nurcholis Setiawan, MA

22.  Dr. Wildan, M.Pd.

23.  Drs. H. Husni Muadh, MA, Ph.D

24.  Dr. H. Asnawi, MA

25.  Dr. Baharuddin, MA.

26.  Dr. H. Lalu Ahmad Zainuri, MA.

27.  Dr. H. Lukman al-Hakim, MM

28.  Dr. H. Miftahul Huda, MA

29.  Dr. H. Mutawalli, MA

30.  Dr. H. Subhan Abdullah Acim, MA

31.  Dr. Kadri, M.Si

32.  Dr. H.L. Supriadi, LC, MA

7. MAHASISWA

      Program Pascasarjana IAIN Mataram saat ini telah menerima mahasiswa baru sabanyak 4 angkatan baik prodi PAI maupun Prodi AS. Adapun jumlah mahasiswa per perjurusan perangkatan adalah sebagaimana Tabel berikut:

 

  A. Pendidikan Agama Islam (PAI)

 

No.

Angkatan

Kelas

Jumlah

Jumlah Total

Keterangan

01.

I

A

26

52

-

B

26

02.

II

A

39

78

-

B

39

C

39

03.

III

A

22

86

-

B

22

C

21

D

21

 

B.Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah).

 

No.

Angkatan

Kelas

Jumlah

Jumlah Total

Keterangan

01.

I

A

26

26

-

02.

II

A

26

26

-

03.

III

 
IAIN MATARAM YUDISIUM CALON WISUDAWAN By : admin
   

IAIN Mataram kembali meyudisium 339 calon wisudawan periode semester genap tahun akademik 2011/2012. Seluruh peserta yudisium tersebut tersebar di tiga fakultas, masing-masing fakultas tarbiyah 258 orang, fakultas Syari'ah 50 orang, dan fakultas dakwah 31 orang. Kegiatan yudisium berlangsung dimasing-masing fakultas. Secara berturut-turut fakultas Tarbiyah dan Dakwah berlangsung Kamis (24/10/2012), dan fakultas Syari'ah berlangsung Rabu (23/10/2012), di Aula Masing-masing Fakultas. Acara yudicium alumni IAIN Mataram yang rencananya akan diwisuda pada tanggal 10 Nopember 2012 ini, selain dihadiri seluruh calon wisudawan dan dosen, juga dihadiri pula oleh unsur pimpinan fakultas dan institut.

            Rangkaian prosesi yudisium selain mengukuhkan calon wisudawan secara keseluruhan, juga pemberian penghargaan kepada calon wisudawan terbaik di masing-masing fakultas dan juga penyerahan transip nilai IPK yang diperoleh selama perkuliahan berlangsung. Untuk fakultas tarbiyah sebaran calon wisudawan  diambil dari enam jurusan (Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan IPS, Pendidikan IPA/Biologi, Pendidikan Matematika dan PGMI). Masing-masing calon wisudawan terbaik tersebut adalah Muhamad Ahyar Rasidi dengan indeks prestasi 3,89 (cumlaude) sebagai peringkat pertama dari juruasan PGMI, yang secara berurutan diikuti oleh Nurul Zuhriyah jurusan PBA, Ahmad Suhabuddin jurusan IPS, Riana jurusan Matematika, dan Sukarman Hadi Jaya Putra dari jurusan IPA.

            Sedangkan pada fakultas Syari'ah sebaran calon wisudawan terbaik diambil jurusan Ahwalusyakhsiyah, muamalah, dan ekonomi Islam. Mereka adalah Saidatun Aini indeks prestasi 3.83 (cumlaude) dari jurusan MUA, Lena Marlina jurusan AS dan Mega hayati dari jurusan EI. Sementara fakultas Dakwah calon wisudawan terbaik diperoleh Aditya Pranata Indeks Prestasi 3.81 jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Muzakir dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

             Seluruh pimpinan fakultas kembali mengingatkan kepada para peserta yudisium agar berbagai pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama mengenyam pendidikan di IAIN Mataram hendaknya diamalkan dan dikembangkan. Keragaman disiplin dipersatukan oleh ikatan almamater yang melekat dimasing-masing calon wisudawan. Karena itu para peserta yudisium ditekankan untuk menjunjung tinggi almamter, dan tidak lupa dengan almamaternya. 

Dr.H.Subhan Abdullah selaku Plh.Dekan Fakultas Dakwah berpesan kepada alumni lulusan Dakwah untuk selalu adakan pendekatan dengan sesama alumni, sebab  mereka telah banyak kesan dan pengalaman bersama masyarakat. "Jalinlah hubungan dengan sesama alumni dalam rangka mensukseskan program penyuluhan di masyarakat, pengembangan jurnalistik dan bahasa tidak diabaikan, baik bahasa arab maupun inggeris. Disamping itu juga berpesan selama berkecimpung di masyarakat untuk senantiasa menjaga citra almamater IAIN Mataram umumnya dan khususnya fakultas Dakwah.

Dalam rangka pengembangan dunia penyuluhan   Dekan Fakultas Tarbiyah diwakili PD I Drs.Wildan M.Pd dalam sambutannya, selain  memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh peserta yudisium atas tuntasnya beban akademik dan atas prestasi yang diraih dijelaskan juga bahwa setelah proses panjang yang dilalui selama menjadi mahasiswa diharapkan akan lahir sumber daya yang professional, yang secara terus menerus melakukan pembelajaran tanpa henti sejalan dengan tantangan dan tuntutan yang semakin tinggi dan kompleks".

Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh Dekan Fakultas Dakwah Dr.H.Mutawalli M.Ag bahwa setelah berkecimpung di masyarakat berpesan kepada peserta yudicium untuk selalu menjaga citra almamater dan menerapkan ilmu yang diperoleh dengan ikhlas dan percaya diri, dan jangan pernah mengeluh dan putus asa dalam mencari keridhoan Allah SWT.