Halaman : 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34


ROMBONGAN REKTOR IAIN MATARAM MELAKUKAN SAFARI RAMADHON By : admin
   

MATARAM - IAIN Mataram hari ini (kemarin red) melaksanakan Safari Ramadhan ke berbagai Desa Binaan se-Pulau Lombok dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Mataram Dr.H.Nashuddin,M.Pd. Hal tersebut diungkapkan oleh Drs.H.Achsanuddin M.Pd selaku Pembantu Rektor II sekaligus sebagai Tim pelaksana Safari Ramadhan IAIN Mataram. Kegiatan yang merupakan program prioritas Rektor tersebut lanjutnya adalah merupakan penerapan pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi IAIN Mataram yang sengaja dilakukan melalui program Posdaya Berbasis Masjid yang diintegrasikan ke program KKP Mahasiswa IAIN Mataram. Kegiatan ini dilaksanakan di 5 Desa Binaan mewakili 25 Desa Binaan IAIN Mataram yang ada di pulau lombok. Desa Binaan tersebut lanjutnya antara lain adalah Desa Kuang Baru Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur, Desa Pemenang Barat Kabupaten Lombok Utara, Desa Montongare kediri Kabupaten Lombok Barat, dan  Kelurahan Jempong Timur dan Barat Kota Mataram. Lebih lanjut Achsan menjelaskan bahwa kegiatan yang sama juga dilaksanakan pada tahun lalu oleh Rektor IAIN Mataram dengan mengedepankan pengembangan kerjasama pemerintah daerah dan pimpinan pondok pesantren se-NTB melalui program Road Show dengan mendatangi para Tuan Guru di pondok-pondok pesantren.

Ditanya mengenai tujuan dari pada Safari Ramadhan ke berbagai Desa Binaan Achsan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengeratkan hubungan silaturrahmi dengan pemuka masyarakat di Desa Binaan lewat mahasiswa peserta KKP IAIN Mataram, disamping itu juga memperkenalkan IAIN Mataram sebagai mitra bagi Desa Binaan dalam rangka terselenggarannya program Tri Dharma Perguruan Tinggi IAIN Mataram. Disamping bersilaturrahmi rombongan juga membawa beberapa bingkisan diperuntukan kepada masing-masing Desas Binaan yang dituju dan akan diberikan pada saan menjelang berakhirnya sholat tarawih bersama dan selesai kegiatan ceramah Agama.

 Kabag Kerjasama dan Humas IAIN Mataram Drs.Tamjidillah HM.Amin,M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari yaitu dimulai pada hari Kamis tanggal 02 Agustus 2012 dan akan berakhir pada hari Senin tanggal 13 Agustus 2012 bertempat di lima lokasi Desa Binaan. Hari pertama kegiatan ini lanjut Tamjid adalah bertempat di Desa Kuang Baru Sakra Timur Lombok Timur yang di pimpin langsung oleh Rektor IAIN Mataram Dr.H.Nashuddin,M.Pd dengan didampingi 6 orang rombongan yang terdiri dari Dr.H.Mutawali M.Ag dan Dr.Jamaluddin MA selaku penceramah dan para pejabat di lingkungan IAIN Mataram.

Sedangkan hari kedua tanggal 05 Agustus 2012 bertempat di Desa Pemenang Barat Kabupaten Lombok Utara. Pada hari kedua ini menurut Tamjid rombongan juga dipimpin langsung pula oleh Rektor IAIN Mataram yang diwakili Pembantu Rektor II Drs.H.Achsanuddin,M.Pd. dengan didampingi  oleh Dr.Fachrurrozi M.Ag selaku penceramah dan beberapa orang pejabat.

Yang mengisi acara dalam kegiatan hari kedua ini lanjut tamjid adalah sambutan Rektor yang diwakili PR II, beliau menjelaskan bahwa kegiatan KKP IAIN Mataram ini bertepatan dengan kegiatan Bulan Suci Ramadhan oleh karena itu diharapkan kepada para Mahasiswa peserta KKP IAIN Mataram dapat menghandel seluruh kegiatan Ramadhan selama KKP berlansung bersama-sama dengan masyarakatdi Desa ini.  

Disamping itu pula Camat Pemenang Barat dalam sambutannya menyatakan menyambut baik kedatangan para peserta KKP IAIN Mataram dan berharap supaya dengan keberadaan mahasiswa KKP dapat membantu mensukseskan program-program desa yang  telah dicanangkan.

Dr.Fakhrurozi MAg selaku penceramah mengajak masyarakat melalui kegiatan Nizulul Qur'an masyarakat  dapat melaksanakan ajaran islam dengan baik dan benar lewat qitab suci Al Quran sebagai pedoman hidup manusia dan memanfaatkan sisa umur untuk mengabdi kepada Sang Pencipta Allah Rabbul Ijjati.

 
HARI KETIGA SAFARI MONTONG ARE By : admin
   

MATARAM, Rektor IAIN Mataram diwakili PD I Fakultas Syari'ah IAIN Mataranm bersama rombongan menuju Desa Montong Are Kecamatan Kediri Lombok Barat melakukan Safari Ramadhan. Kehadiran rombongan Rektor IAIN Mataram ke lokasi tersebut disambut hangat oleh warga setempat yang di pimpin langsung oleh Kepala Desa Montong Are. Hadir pula tokoh agama dan pemuka masyarakat bersama dengan para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Partisipan (KKP) IAIN Mataram yang berlokasi ditempat tersebut yang merupakan salah satu Desa Binaan IAIN Mataram tahun 2012.  

Agenda kehadiran rombongan Rektor IAIN Mataram tersebut menurut Drs.Fakhrurosyid M.Ag selaku Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa KKP, disamping memberikan Ceramah Agama setelah sholat Tarawih bersama, rombongan safari Ramadhan IAIN Mataram mengawali kegiatannya dengan buka puasa bersama dengan masyarakat, pemuka dan tokoh agama setempat, dilanjutkan dengan sholat berjamaah bersama di Mushollah Montong Are, kemudian sambil menunggu waktu untuk sholat isyak dan tarwih, rombongan melakukan tausyiah dan brifing kepada Mahasiswa KKP IAIN Mataram yang berlokasi ditempat itu dengan tujuan memberikan motifasi dan suport kepada mereka supaya para lebih percaya diri dan bersemangat dalam menghadapi kehidupan di masyarakat, demikian lanjut Fakhrurrosid. Setelah memasuki waktu untuk sholat Isyak dan Tarwih rombongan menuju Masjid Besar Montong Are untuk melajutkan kegiatan safari.

Dalam kegiatan tersebut HM.Taufik LC selaku pejabat mewakili Rektor sekaligus sebagai penceramah dalam hal ini, menitip para mahasiswa peserta KKP kepada masyarakat Montong Are untuk dapat dibimbing dan didampingi dalam segala aktifitasnya dimasyarakat selama melakukan KKP. Disamping itu pula, karena mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab untuk merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diembannya, maka diharapkan kepada para Mahasiswa peserta KKP untuk melaksanakan pengabdian ini dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, percaya diri dan tetap menjaga nama baik IAIN Mataram, demikian harapnya. Karena kegiatan tersebut merupakan butir ketiga dari tanggung jawab mereka sebagai mahasiswa di perguruan tinggi yaitu Pengabdian pada Masyarakat.

 Sebagai penceramah HM.Taufik LC mengupas tentang hakekas Allah menciptakan manusia didunia. Manusia diciptakan oleh Allah SWT diatas dunia ini adalah yang paling sempurna, demikian menurut Taufik karena manusia telah diciptakanya akal dan nafsu. Beda dangan makhluk lainnya katanya, kalau Malaikan dia memiliki akal saja, Hewan memiliki nafsu saja sedangkan sebangsa Jin memiliki Akal dan Nafsu akan tetapi tidak dipergunakan untuk kebaikan dan pengabdian diri kepada Allah SWT. Lain halnya kalua Manusia lanjutnya, dengan akal dan pikiran yang diberikan Allah kepadanya,  manusia lanjut Taufik adalah dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, dengan akal manusia bisa mengendalikan hawa nafsunya untuk tidak  melanggar ketentuan-ketentuan yang digariskan Allah SWT. Oleh karena itu harapannya kepada seluruh jama'ah yang hadir untuk dapat memanfaatkan akal dan nafsu yang diberikan kepadanya betul-betul dipakai untuk mengabdikan diri kepada Allah SWT sehingga memperoleh derajat  taqwa disisi Allah SWT.    

            Kepala Desa Montong Are  saat menerima rombongan Safari menjelaskan dalam sambutannya bahwa dengan kedatangan Rombongan safari ramadhan IAIN Mataram ini sangat  dinanti-nantikan oleh masyarakat Montong Are karena IAIN Mataram adalah perguruan tinggi islam negeri yang merupakan pusat pendidikan agama islam khususnya di wilayah NTB dan inilah yang sangat di harapkan oleh warga Montong Are karena warga disini rata-rata tekun beribadah dan antusian menerima bimbingan, arahan serta petunjuk-petunjuk agama dari para da'i dan Tuan Guru, dan kepada Mahasiswa KKP yang dititipkan kepada masyarakat Montong Are kami terima dengan hati yang tulus, semoga dapat mambantu kami dalam mensukseskan program Desa yang kami canangkan bersama, demikian harapnya.

            Setelah melewati beberapa agenda acara Rektor IAIN Mataram yang diwakili oleh Drs.Fakhrurosyid, M.Ag  selaku  Dosen Pembimbing lapangan KKP IAIN Mataram, menyerahkan bingkisan kepada Tokoh Agama Montong Are dilanjutkan dengan silaturrahmi dan ramahtama.

 
PENGUMUMAN KELULUSAN SPMB MANDIRI 2012 By : admin
   


Daftar nama kelulusan SPMB MANDIRI 2012 dapat di akses disini


Untuk syarat dan ketentuan lain-lain dapat di download disini