Halaman : 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37


REKTOR MEMBUKA PLPG ANGKATAN KE XI TAHUN 2012 By : admin
   

Rektor IAIN Mataram Dr.Nashuddin,M.Pd membuka Pendidikan dan Latihan Perofesional Guru (PLPG) bagi Madrasah se NTB belum lama ini. Kegitan tersebut berlangsung selama 10 hari yaitu dari tanggal 24 September sd 03 Oktober 2012 bertempat di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Mataram. Yang hadir pada acara tersebut adalah para pejabat dilingkungan IAIN Mataram dan para dosen beserta Narasumber. Demikian ungkap ketua Panitia Drs.H.Baehaqi,M.Pd. Lebih lanjut Pembantu Dekan II Fakultas Tarbiyah ini menjelaskan bahwa biaya PLPG angkatan XI ini  berasal dari  anggaran Bansos, bukan dari anggaran DIPA IAIN Mataram. Untuk pencairan dana tersebut lanjut Baihaqi, para peserta harus membuka rekening di Bank BTN untuk menerima trasfer dari pemerintah, kemudian setelah dana tersebut dicairkan maka dapat ditransfer kembali ke Rekening IAIN Mataram untuk membiayai pelaksanaan PLPG yang sedang baerlangsung. 

            Dalam sambutannya Rektor berharap kepada semua peserta selama mengikuti kegiatan ini supaya lebih disiplin dan dapat melewatinya sesuai syarat dan rukun yang ditetapkan panitia, dengan demikian keberhasilan dan kesuksesan yang diharapkan tidak mungkin terlewati. Dalam rangka memotifasi diri, Rektor berharap kepada para peserta agar kegiatan ini dapat dimaknai dengan kegiatan  Jihad yaitu kegiatan yang bernuansa kemaslahatan bagi masa depan keluarga.

Untuk memperoleh kriteria guru yang berkualifikasi lanjutnya maka peserta harus memiliki Standar Kualifikasi Akademik yaitu kualifikasi Pendidikan SI dan memiliki 4 kompetensi guru, yaitu :  pertama kompetensi pedagogik bermakna guru itu selalu bijak dalam mengambil keputusan, kedua guru itu berkompetensi profesional yakni guru itu selalu memiliki bidang keahlian, ketiga guru itu berkompetensi kepribadian yakni selalu berpenampilan yang islami dan yang keempat adalah guru itu berkompetensi sosial yakni selalu berhubungan baik dengan orang lain.

Mengakhiri sambutannya Rektor berharap kepada semua peserta untuk mematuhi aturan yang berlaku dan selalu menjaga stamina, agar tidak terganggu konsentrasi belajar dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang di berikan para tutor, itu semua adalah jalan kesuksesan bagi bapak/ibu peserta. 

            Peserta PLPG bagi guru Madrasah kali ini menurut Baehaqi berjumlah 195 orang yang terdiri dari Raudatulo Atfal (RA) 11  orang, Madrasah Ibtidaiyah (MI) berjumlah 90 orang, MTs 67 orang, dan MA  26 orang. Ditanya  mengenai persyaratan peserta yang layak untuk di-PLPG-kan Baehaqi menjelaskan bahwa para peserta terlebih dahulu melakukan Ujian Kompetensi Awal (UKA). Setelah melengkapi persyaratan akademik lainnya. 

 

 
REKTOR MEMBUKA PLPG ANGKATAN KE XTAHUN 2012 By : admin
   

Rektor IAIN Mataram diwakili Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram Dr.Muhammad,M.Pd,NS membuka Pendidikan dan Latihan Perofesional Guru (PLPG) bagi guru Madrasah dan guru PAI se NTB. PLPG kali ini berlangsung selama 10 hari yaitu dari tanggal 09 sd 18 September 2012 bertempat di  MAN 2 Mataram. Yang hadiri pada acara tersebut adalah Pejabat para pejabat dilingkungan IAIN Mataram dan para dosen beserta Narasumber. Demikian ungkap ketua Panitia Drs.H.Baehaqi,M.Pd.

            Dalam sambutannya Dr. Muhammad  menjelaskan bahwa kegitan ini berlandasan pada UU no 14/2005: tentang Guru dan Dosen; Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada PAUD, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional menurutnya adalah Pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar atau mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi artinya bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, dan tidak dapat diserahkan kepada orang yang tidak memiliki keahlian dalam bidang tersebut, artinya bahwa jangan pernah menyerahkan suatu urusan kepada orang yang bukan ahlinya demikian ungkapnya.

Untuk Sertifikasi tahun 2012 ini adalah merupakan tahun ke enam dari seluruh kegiatan sertifikasi. Sertifikasi melalui PLPG tahun ini harus melalui Uji Kompetensi Awal (UKA). UKA merupakan bagian integeral dari program sertifikasi Guru dalam jabatan, oleh karena itu semua peserta wajib mengikuti UKA. Jika peserta tidak ikut dalam UKA, maka dinyatakan gugur sebagai peserta meskipun telah tercantum dalam SK Dirjen Pendidikan Islam sebagai peserta definitive.

Fungsi UKA menurutnya adalah meningkatkan dan memastikan kesiapan guru dalam mengikuti PLPG, sebagai alat pemetaan kompetensi guru calon peserta PLPG tahun 2012, sebagai prasyarat wajib bagi peserta untuk mengikuti pelaksanaan PLPG Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan, sebagai alat pengendalian keakurasian data peserta yang telah ditetapkan melalui SK Dirjen.

Pendidikan dan latihan profesinal guru ini menurutnya diselenggarakan selama 90 jam pelajaran termasuk tes tulis, satu kali pertemua tatap muka memakan waktu 50 menit. 90 jam pelajaran terbagi kedalam 46 jam teori dan 44 jam praktik. Bertambah banyaknya jam pada ranah teori disebabkan berdasarkan temuan, bahwa masih banyaknya guru-guru lemah pada kemampuan teori, terutama pada kemampuan pedagogik (pada tahun sebelumnya 22 teori dan 68 praktik). Materi pada kurikulum PLPG didasarkan pada PERMENDIKNAS no 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, yaitu : (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Profesional, (3) Kompetensi Kepribadian dan (4) Kompetensi Sosial.

Mengakhiri sambutannya diharapkan kepada semua peserta untuk mematuhi segala tata tertib dan peraturan yang ditetapkan oleh panitia dan diharapkan untuk selalu menjaga kondisi, agar tidak mengganggu konsentrasi didalam menerima materi dan melaksanakan tuga-tugas yang di berikan para tutor, itu semua adalah jalan kesuksesan bagi bapak/ibu peserta.  

            Peserta PLPG bagi guru Madrasah dan guru PAI kali ini menurut Baehaqi berjumlah .... orang guru PAI dan guru kelas yang terdiri dari kabupaten Lombok Timur ...orang, Lombok Tengan ... orang, dan Lombok Barat...orang Kota Mataram ... orang, Kab Sumbawa.. Kab.Dompu ... orang dan kab.Bma... orang. Ditanya mengenai persyaratan peserta yang layak untuk di-PLPG-kan Baehaqi menjelaskan bahwa para peserta terlebih dahulu melakukan Ujian Kompetensi Awal (UKA). Setelah melengkapi persyaratan akademik lainnya. 

 

 
PRALATSAR MENWA SATUAN 908 "WPW" IAIN MATARAM DIBUKA By : admin
   

Pendidikan Pralatsar Resimen Mahasiswa Satuan 908 "WPW" IAIN Mataram tahun ini  dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Mataram yang di wakili oleh Pemban Rektor III Dr.Suhirman Mpd. Yang hadir dalam acara tersebut Pembina Menwa 908 IAIN Mataram Drs.Tamjidilllah HM.Amin,MP.d para Komandan Menwa Rinjani di masing-masing Kesatuan dan beberapa perwakilan anggota Menwa se - NTB.

            Maksud Kegiatan Pendidikan Pradiksar ini menurut Komandan Satuan Menwa 908 IAIN Mataram  M.Haidir Sibala adalah merupakan salah satu bentuk latihan dan pembinaan fisik dan mental Resimen Mahasiswa agar mampu mewujudkan tugas dan kewajiban sebagai Resimen Mahasiswa yang loyal dalam segala hal, disiplin, tanggungjawab dan ikut melaksanakan pembelaan bangsa dan negara. Calon anggota Menwa yang tergabung dalam pendidikan Pradiksar ini lanjutnya adalah Mahasiswa IAIN Mataram yang terpilih hasil seleksi penerimaan calon anggota baru diantara Mahasiswa yang lain. Mereka diharapkan akan memiliki jiwa ksatria yang peduli terhadap anggotanya, civitas akademikanya, masyarakat, bangsa dan negaranya. Sedangkan tujuan pendidikan Pradiksar lanjut Yanto adalah mencetak kader resimen mahasiswa yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai stabilisator dan dinamisator baik di kampus maupun di masyarakat, mencetak dan membentuk kader baru yang mampu membawa menwa IAIN Mataram khususnya kearah yang lebih baik, memiliki kemampuan baik disiplin, sikap, serta intelektual yang tinggi dan mempertebal semangat dan jiwa kebersamaan sebagai komponen bangsa dan negara.

            Dalam sambutannya Suhirman sekaligus mewakili Rektor dalam hal ini, berpesan kepada para peserta pendidikan Pradiksar agar supaya dengan  mengikuti organisasi kemenwaan ini  dapar melatih diri menjadi manusia yang memiliki disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang di berikan, sehingga dengan demikian segala perintah yang merupakan tanggungjawabnya dari atasan dapat dilaksanakan dengan baik dan memberikan kepuasan bagi pemberi perintah. Lebih lanjut beliau berpesan kepada semua peserta untuk menjaga nama baik lembaga IAIN Mataram,  lebih hati-hati dalam segala hal selama menghadapi latihan, selalu menjaga kondisi kesehatan dan kembali ke kampus dengan membawa ilmu yang bermanfaat bagi diri secara pribadi, bagi IAIN Mataram dan masyarakat, bangsa dan negara.  

            Pembina Menwa 809 IAIN Mataram Drs.Tamjidillah.HM.Amin,MPd secara terpisah ditempat berpesan kepada para peserta pendidikan Pralatsar Menwa Satuan 908 IAIN Mataram, agar supaya dengan  mengikuti organisasi kemenwaan ini bisa menjadi pemicu atau pendorong  untuk penyelesaian perkuliahan tepat waktu dan bukan justru akan menjadikan penghambat, dan keberadaan Menwa di kampus lanjutnya dapat membantu mensukseskan program Rektorat di Perguruan Tinggi. Disamping itu pula berpesan kepada para komandan satuan untuk dapat memberikan motivasi kepada anggotanya agar supaya aktif melaksanakan tugas sebagai anggota menwa dan kedepan lanjutnya, agar program kerja Resimen Mahasiswa Rinjani IAIN Mataram diharapkan untuk dapat menyentuh keperluan dan kebutuhan masyarakat  lewat program KKP, dan bukan hanya kegiatan di lingkungan kampus saja.

akil Komandan satuan tugas (Wdansatgas) Saemi dalam laporannya menjelaskan Kegiatan yang dilaksanakan  selama 5 hari ini dimulai pada tanggal 15-21 September 2012 bertempat di Gunung Jae Sedau Lombok Barat. Peserta berjumlah 12 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang wanita  yang tersebar  pada 3 fakultas  diberbagai jurusan.

Adapun materi yang disajikan lanjutnya adalah berupa materi teoritis antara lain seperti: Kemenwaan, Kepemimpinan, Dasar-Dasar Organisasi, untuk materi praktikum seperti PBB, Taktip Tempur, TUM, SAR, Rayap Tali I dan Caraka, sedangkan Narasumber adalah dari Kodim 1606 Lombok Barat, Brimob Polri, Dandenpom NTB, Ketua Alumni Menwa dan para Alumni Menwa yang berpengalaman, demikian penjelasannya